Buku Belajar Sendiri Excel 2013

Ndak terasa, selama berkiprah sebagai penulis, sudah 40 buku saya telurkan. Dan buku ke-40 tersebut adalah Belajar Sendiri Excel 2013 (atau Excel 365).

BS Excel 2013

Nah, menyambut rilisnya buku ini, saya mengadakan kuis berhadiah 2 buah buku Belajar Sendiri Excel 2013 ini. Kuisnya gampang aja kok, begini:

  1. Follow akun Twitter saya @OomYahya.
  2. Silakan ngetwit yang isinya mengapa kamu perlu membeli buku Excel 2013 ini. Format twitnya begini:

@OomYahya isi twit #kuisOomYahya

Contoh: @OomYahya dengan buku BS Excel 2013 ini kamu bakal menguasai Excel 2013 dengan lebih mumpuni #kuisOomYahya

Gampang khan?

Twit yang paling unik, menarik, jenaka, pokoknya yang paling saya sukai:mrgreen: itulah yang bakal menang.

Kuis ditutup hari Sabtu, 7 September 2013 jam 24.00. Pemenang diumumkan hari Senin, 9 September 2013.

Oh ya, peserta mesti tinggal di wilayah Republik Indonesia dan mudah dijangkau layanan kurir, hehehe. Supaya saya gak repot mengirim hadiahnya.😛

 

Hati-hati Simpan Password di Chrome

Google Chrome ternyata menyimpan lubang keamanan yang cukup fatal, khususnya bagi mereka yang suka menyimpan password dengan fitur save password bawaan Chrome. Harap diperhatikan bahwa fitur save password Chrome ini berbeda dengan opsi Auto Login atau Remember Me atau apapun istilahnya.

Fitur save password Chrome muncul dalam bentuk pertanyaan seperti gambar di bawah ini:

Google-Save-Password

Mana yang mesti diklik?

Continue reading →

Review Mitsubishi Mirage GLS

Menimbang kota Jogja yang sudah relatif macet pada jam-jam tertentu dan mengingat pada kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu, saya memutuskan untuk menjual All New Corolla 1997 yang sudah setia menemani selama sekitar 5 tahun dan menggantikannya dengan sebuah city car yang relatif lebih irit BBM dan bertransmisi matic, supaya tidak terlalu lelah ketika menghadapi macet.

Pilihan jatuh ke Mitsubishi Mirage dan tipe yang saya ambil adalah GLS, warna grey. Setelah beberapa hari menggunakannya, inilah kesan saya terhadap Mirage GLS ini.

Mirage Grey

Continue reading →

Memilih Operator Untuk Kebutuhan Internet

Dulu ketika pertama kalinya punya ponsel, saya cukup pusing memilih operator. Maklum saat itu harga kartu perdana bisa hampir semahal harga ponselnya. Jadi saya memutuskan untuk membeli yang paling murah saja. Tapi tak berapa lama keputusan itu berbuah penyesalan, terutama semenjak sering dipanggil menjadi pembicara di berbagai daerah sebagai efek samping profesi saya sebagai penulis buku.

Saat menjadi pembicara di salah satu daerah agak timur Indonesia, ponsel saya nyaris gak dapat sinyal. Saya cuma bisa melongo saat teman yang kebetulan sama-sama jadi pembicara bisa bertelpon ria dengan keluarganya. (doh)

Ketika beberapa waktu kemudian saya hendak pergi ke daerah agak “terpencil” lagi, saya memutuskan untuk segera ganti operator. Ya, sebagian pasti sudah tahu kalo saya sekarang menggunakan Telkomsel. Memang dari sisi tarif penggunaan sedikit lebih mahal tapi itu terbayar dengan kepuasan dan koneksi yang selalu tersedia meski pergi ke daerah.

Itu cerita beberapa tahun lalu, saat ponsel benar-benar hanya berfungsi sebagai alat komunikasi bicara dan SMS saja.

Continue reading →

Ampuh! Multimedia ASUS Vivobook S200

Di tulisan sebelumnya, saya sudah berjanji untuk mengulas soal kemampuan multimedia ASUS Vivobook S200. Dan ternyata – sekali lagi – meski sekecil itu, kemampuan multimedianya sangat ampuh.

Yang langsung nampak pertama kali sudah tentu adalah tampilan display-nya. Resolusi yang didukung oleh ASUS Vivobook S200 adalah 1366 x 768, sebuah resolusi yang ideal. Tingkat terangnyapun memadai.

Prosesor VGA yang digunakan adalah Intel HD Graphics 4000. Walau memang bukan yang terbaik di kelasnya, khususnya bila dibandingkan dengan nVidia, namun tetap saja sangar. Ketika saya coba memutar video YouTube, kesan “patah-patah” sama sekali tak terlihat.

Gambar berikut menunjukkan capture trailer film Iron Man 3 yang diambil dari YouTube.

Continue reading →

Memilih Teks untuk Quote Reply Email di Gmail

Satu hal yang rada nyebelin kalau kita berbalas-balasan email, apalagi lewat sebuah mailing list, adalah quote dari email sebelumnya yang panjangnya bisa lebih panjang daripada isi emailnya sendiri.

Salah satu sebabnya adalah karena kita tidak terbiasa memilih quote yang penting saja saat melakukan reply tapi langsung main reply saja sehingga seluruh email sebelumnya “terangkut” pada reply kita.

Nah, ada baiknya mulai sekarang kita membiasakan diri untuk memilih teks tertentu saja sebagai quote email sebelumnya yang akan dimasukkan pada reply. Kebetulan Gmail memiliki fitur untuk memudahkan proses ini. Caranya? (thinking)

Continue reading →

ASUS Vivobook S200 Yang Stylish dan Mobile

Sebulan lebih sudah saya menggunakan si mungil ASUS Vivobook S200. Makin sering pakai, rasanya makin jatuh cinta. Dan dia mulai sering saya bawa menemani kegiatan saya. Entah itu saat pergi ke luar atau saat sekadar ingin bekerja di tempat yang bukan meja kerja biasanya.

Bentuknya yang tipis dan bobotnya yang ringan membuatnya nyaman dibawa ke mana-mana. Ndak salah kalau saya memberinya julukan si mungil. Layar sentuhnya juga mengurangi ketergantungan saya terhadap mouse sehingga si mungil ini lebih praktis untuk dibawa.

Continue reading →

Memindahkan Posterous ke WordPress

Rumor itu akhirnya menjadi kenyataan. Posterous bakal segera menutup layanannya. (doh) Sudah pasti bakal banyak yang kecewa. Tapi ya mau gimana lagi, wong itu layanan gratisan, kita tidak bisa menuntut apa-apa.

Nah, jangan terlalu larut dalam kekecewaan. Post di Posterous bisa dipindahkan ke WordPress. Meski platform Posterous memiliki sensasi yang beda dengan WordPress, setidaknya lumayan lah, posting tidak hilang.

Bagaimana caranya memindahkan Posterous ke WordPress? Tidak sulit kok.

Continue reading →

Obatapa, Sebuah Aplikasi Informasi Obat

Saya sudah relatif lama tidak menulis buku. Banyak yang bertanya-tanya: trus ngapain aja? Kembali ke selera asal.:mrgreen:

Dulu saya memulai karir sebagai programmer, sekarang kembali jadi programmer. Walau tentu saya mengambil konsep berbeda. Sekarang tidak lagi single fighter seperti dulu, semua digarap sendiri. Saya lebih memilih jadi konsultan saja dan “pemikir” saja. (halah)  (ninja) Operasinya juga sekarang berlindung di balik badan usaha, yaitu CV Digikom Multimedia Pratama.

Lha terus hubungannya sama judul artikel apaaaa? (idiot)

Sabaaaaar.

Continue reading →

Menambahkan Favicon di Blog

Favicon? Makhluk apa itu?  (thinking)

Buat yang belum tahu, Favicon adalah ikon yang muncul di bagian address atau title bar browser, persis di sebelah kiri alamat URL atau judul situs.

Hampir pasti setiap browser akan menampilkan favicon ini. Kalau kamu tidak menambahkan favicon sendiri, yang ditampilkan pada browser adalah ikon default yang tentu biasa-biasa saja.

Kalau ingin browser menampilkan favicon yang khas, ya tentu harus bikin sendiri. Trus bagaimana caranya menambahkan favicon di blog?

Continue reading →